Loading...
Senin, 27 Mei 2013

Kenapa galaksi kita dinamakan galaksi bima sakti

Pertanyaan:
mengapa galaksi tempat kita tinggal di sebut galaksi bima sakti?
654242main_p1220b3k.jpg (1280×720)

Jawaban:
"Di dalam bahasa Indonesia, istilah "Bima Sakti" berasal dari tokoh berkulit hitam dalam pewayangan, yaitu Bima. Istilah ini muncul karena orang Jawa kuno melihatnya sebagai bayangan hitam yang dikelilingi semacam "aura" cemerlang. Sementara itu, masyarakat Barat menyebutnya "milky way" sebab mereka melihatnya sebagai pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit. Pita kabut atau "aura" cemerlang ini sebenarnya adalah kumpulan jutaan bintang dan juga sevolume besar debu dan gas yang terletak di piringan/bidang galaksi. Pita ini tampak paling terang di sekitar rasi Sagitarius, dan lokasi tersebut memang diyakini sebagai pusat galaksi."

Bima,
"Kata bhīma dalam bahasa Sanskerta artinya kurang lebih adalah "mengerikan". Sedangkan nama lain Bima yaitu Wrekodara, dalam bahasa Sanskerta dieja vṛ(ri)kodara, artinya ialah "perut serigala", dan merujuk ke kegemarannya makan. Nama julukan yang lain adalah Bhimasena yang berarti panglima perang."

Kira-kira karena legenda Bima sebagai sesosok berkulit hitam mengerikan dan penuh kesaktian yang menyebabkan galaksi berwarna hitam dengan "aura cemerlang" tersebut digelari nama Bima Sakti, oleh masyarakat kita.
materi referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bima_Sakti
http://id.wikipedia.org/wiki/Bima_(tokoh_Mahabharata)

(http://id.answers.yahoo.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP